Booking.com

Candi Gedong Songo : Warisan Cagar Budaya dari Semarang

Candi Gedong Songo merupakan warisan Cagar Budaya yang berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah.  Kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 masehi. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, yakni “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata Gedong Songo adalah sembilan (kelompok) bangunan.

Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang. Terkadang kabut tipis turun dari atas gunung sering muncul yang mengakibatkan mata tidak dapat memandang Candi Gedong Songo dari kejauhan.

Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin.

Untuk menuju ke Candi Gedong I, kita harus berjalan sejauh 200 meter dari pintu masuk melalui jalan setapak yang naik. Kita dapat memanfaatkan jasa transportasi kuda untuk berwisata mengelilingi obyek wisata Candi Gedong Songo.

Perjalanan dapat kita teruskan menuju Candi Gedong II kurang lebih 300 meter dengan mengikuti jalan setapak yang sudah di paving.


Disela-sela antara Candi Gedong III dengan Gedong IV terdapat sebuah kepunden gunung sebagai sumber air panas dengan kandungan belerang cukup tinggi. Para wisatawan dapat mandi dan menghangatkan tubuh disebuah pemandian yang dibangun di dekat kepunden tersebut.
Bau belerangnya cukup kuat dan kepulan asapnya lumayan tebal ketika mendekati sumber air panas tersebut.
Pemandian Belerang
Setelah dari Candi Gedong IV dapat kita teruskan menuju Candi Gedong V  yang berada di bukit paling atas dan merupakan candi terakhir yang kami temukan. Mengapa Candi terakhir ?? karena tidak ada lagi candi setelah candi ini. Mungkin sisanya telah hancur bangunannya dan penyebab-penyebab lainnya.
Perlu di ketahui bahwa di Candi Gedong V ini ada 2 - 3 candi yang bangunannya juga tidak utuh lagi begitu juga candi-candi sebelum Candi Gedong V ini.

Obyek Wisata Candi Gedong Songo cocok sekali untuk refreshing pemandangan alam sekaligus trekking. Karena dari Pintu masuk hinga Candi terakhir yaitu Candi Gedong V lumayan menanjak. Dan sangat dekat sekali dengan Puncak Gunung Ungaran. Pemandangan dari Candi Gedong V sangat indah sekali, ke arah bawah kita dapat melihat Rawa Pening di Salatiga dan Kota Ambarawa. Ke arah belakang / atas dapat kita lihat Puncak Gunung Ungaran yang sangat indah di selingi asap belerang yang muncul dari sela-sela jurang antara Candi Gedong III dan IV.
Candi Gedong Lima

Karena keindahannya Candi Gedong Songo ini sering menjadi tempat yang indah untuk foto foto Pre Wedding.

Sejarah Penemuan Candi Gedong Songo :
Tahun 1740, Loten menemukan kompleks Candi Gedong Songo.
Tahun 1804, Raffles mencatat kompleks tersebut dengan nama Gedong Pitoe karena hanya ditemukan tujuh kelompok bangunan.
Tahun 1925 Van Braam membuat publikasi mengenai Candi ini.
Tahun 1865 Friederich dan Hoopermans membuat tulisan tentang Gedong Songo.
Tahun 1908 Van Stein Callenfels melakukan penelitian terhadap kompleks Candi Gedong Songo Tahun 1910-1911 Knebel melakukan inventarisasi pada Candi ini .

Biaya Masuk Obyek Wisata Candi Gedong Songo :
Tiket Masuk Dewasa/5 tahun ke atas : Rp 6.000/orang dan Rp 25.000/orang untuk Wisatawan Asing.
Tarif Jasa Naik Kuda Candi Gedong Songo :
- Wisata Desa Rp 25.000  ( Wisman Rp 35.000 )
- Ke Air Panas Rp 40.000 ( Wisman Rp 60.000 )
- Ke Candi II Rp 30.000  ( Wisman Rp 40.000 )
- Paket candi Songo Rp 50.000  ( Wisman Rp 70.000 )

Akses menuju menuju Candi Gedong Songo :
- Dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam. Diperlukan waktu lebih kurang 40 menit.
- Dari Bandungan dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari obyek wisata Bandungan.
- Dari Semarang, arahkan kendaran menuju Solo - Jogja atau tepat menuju Bawen. Setelah masuk Bawen akan menemukan petunjuk menuju Candi Gedong Songo. Lama perjalanan dari kota Semarang lebih kurang 1,5 jam dengan kondisi lalu lintas lancar.
- Dari Salatiga / Solo / Jogja arahkan kendaraan menuju Bawen. Melewati jalan raya utama menuju kota Semarang. Setelah masuk Bawen akan menemukan petunjuk menuju Candi Gedong Songo. Dari Bawen menuju obyek Wisata ini lebih kurang 30 - 45 menit.

Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini :
- Ungaran – Gedong Songo : 25 km
- Ambarawa – Gedong Songo : 15 km
- Semarang – Gedong Songo : 45 km

2 komentar:

Unknown mengatakan...

BOS MINTA RUTE DARI AMBARAWA KE CANDI GEDONG 9

Unknown mengatakan...

bos minta info tarif sewa bus dari ungaran ke gedong songo tu barapa??

Posting Komentar

Popular Posts