Booking.com

Trowulan : Wisata Sejarah Yang Tetap Kuuuuerrrreeeennnnn

Bingung memanfaatkan libur Long Weekend awal Mei 2015,  sayang sekali jika tidak di manfaatkan untuk refreshing. Ya benar, memanfaatkan hari libur nasional tanggal 1 Mei 2015 untuk sekedar refreshing pikiran. Dan udah lama banget gak touring berdua ama soulmate ane. wkwkwkwk

Trip dadakan ane susun dan akhirnyaaaaa……  terpilihlah Trowulan - Mojokerto sebagai tujuan Utama liburan kali ini. Browsing sana-sini untuk cari info mengenai Wisata Trowulan, akhirnya di tentukan tujuan kali ini yaitu : Patung Budha Tidur, Candi Brahu, Kolam Segaran dan Candi Bajangratu. Sekalian mampir di rumah rekan kantor ane di daerah Ngoro Mojosari.

H-1 ane iseng bbm dua teman ane ngajakin touring, eh ternyata mereka mau. Mereka ini ladybikers loh, sebutlah namanya Si Nit dan Si Cho. Huehehehe… mantaphhhh… ya udah di tentuin esoknya meeting point depan Carefour Pasuruan Jam 6.45 WIB.

1 Mei 2015

Jam 6.00 pagi teman ane si Nit BBM ane ngabarin kalo Jalan raya Kraton Pasuruan banjir parah tidak bisa di lewati kendaraan apapun !!!!  ane sempat bingung, akhirnya ga jadi kumpul di depan Carefour tapi di rumah teman ane si Nit buat berembug alias rapat koordinasi. Qiqiqiqqi

Jam 7.00 udah kumpul di rumah si Nit dan akhirnya di sepakati tetap lanjut, lewat rute jalan tikus. Semoga saja tidak ada tikus-tikus berkeliaran. Hahahaa… *just kidding*

Namun sungguh kurang beruntung jalan tikus pun ramai dengan motor-motor ataupun mobil yg hendak keluar atau menuju Pasuruan, akhirnya sambil mengikuti petunjuk warga sekitar kita bisa keluar kota Pasuruan. Hampir 1 jam hanya untuk berputar-putar agar bisa keluar kota Pasuruan, dan setelah ketemu jalan raya utama, wowww kemacetan luar biasa terjadi arah menuju kota Pasuruan, kurang lebih sekitar 5 km mulai Kraton – Raci, Bangil. Ckckckckck

Perjalanan dilanjutttt lewat rute : Raci – Bangil – Gempol – Japanan – Ngoro – Mojosari – Trowulan. Tepat jam setengah 10 ane udah sampai di tempat temen ane sebutlah namanya si El. Qiqiqi… Mampir sebentar sambil nungguin si El mandi, ane manfaatin untuk nyeruput teh hangat yang udah di sediain. Hihihi

Oke si El, udah selesai mandi, perjalanan di lanjutttttt… kali ini si El sebagai leader. Di tengah perjalanan nasib kurang beruntung menghampiri si Nit dan si Cho, ban belakang motor mereka kempes, walhasil kudu cari tempat tambal ban. Kemungkinan ban bocor terkena paku saat lewat jalan tikus tadi. Okelah gpp, dari pada ada apa-apa. Safety first bro.. oke.. oke..

Perjalanan di lanjut menuju Patung Budha Tidur di desa Bejijong kecamatan Trowulan. Mudah sekali menemukannya, dari Mojosari ikuti petunjuk menuju Jombang / Madiun, memasuki area Trowulan ada perempatan kecil. Kalau lurus menuju Jombang / Madiun, ke kiri ke Museum Trowulan&Candi Tikus, ke kanan ke arah Candi Brahu. Kita belok kanan ke arah Candi Brahu. Kurang lebih 200 meter ada pertigaan belok kiri. Sampai di sini tidak ada petunjuk Patung Budha Tidur, namun jika sudah melewati Candi Brahu berarti rute udah benar. Ane dan teman-teman lurus hingga melewati kampung desa Bejijong, tidak lama kemudian ada papan petunjuk Patung Budha Tidur belok kanan.

Tepat jam 11.00 ane dan teman-teman nyampe lokasi Patung Budha Tidur. Konon Patung ini terbesar nomor 3 se-Asia sih. Tidak ada biaya tiket masuk namun ada Donasi dan parkir 2rb, sebagai pengunjung yang baik walaupun tidak di pungut biaya setidaknya memberikan donasi sebagai biaya perawatan dan kebersihan. Menurut ane kompleks Patung Budha tidur cukup luas, namun tetap jangan mengotori lingkungan sekitar karena merupakan tempat suci untuk sembayang dan masih ada biksu yang tinggal disana.

Penampakan Foto-fotonya :
                                                    * team lengkap di patung budha tidur

* salah satu patung budha di kompleks patung budha tidur

* replika candi borobudur

Setelah puas berfoto ria dan makan siang , Jam 13.00 lanjutt tujuan selanjutnya : Candi Brahu. Dari lokasi Patung Budha Tidur, ane ambil rute puter balik menuju arah Candi Brahu.

Sampe di Candi Brahu lagi-lagi tidak ada tiket masuk, hanya biaya parkir motor sebesar 3rb saja. Ane dan teman-teman santai sejenak dan tidak lupa foto-fotoan… qiqiqiqi… Candi Brahu ini cukup nyaman suasananya di kelilingi taman dengan rumput hijau sangat segar untuk di pandang.

* taman dengan background Candi Brahu

* Candi Brahu

Puas di Candi Brahu, lanjuttt menuju Candi Bajangratu. Ane dan teman-teman ambil rute balik menuju perempatan jalan besar / jalan Utama Surabaya – Madiun. Ketemu perempatan ane lurus menuju arah Museum Trowulan, dari perempatan kurang lebih 300 meter ketemu Kolam Segaran, banyak orang memancing di tempat ini. Kolan ini sangat luas menyerupai waduk kecil. Konon kolam ini di gunakan oleh Raja-raja Majapahit untuk menjamu makan tamunya dan piring/ alat makan yang sudah di gunakan di buang kedalam kolam tersebut. Di Depan kolam Segaran ada Museum Majapahit Trowulan. Ane dan teman-teman tidak mampir kemari, karena udah jam 2 siang.

Lanjut ke arah Candi Bajangratu. Dari sini ane dan teman-teman lurus hingga ketemu pertigaan klo ke kiri kearah Pacet. Ane belok kiri kurang lebih 1 km ketemu Gapura / Candi Bajangratu.
Tidak ada tiket masuk di Candi Bajangratu, namun kita wajib mengisi daftar pengunjung dan ada donasi seikhlasnya. Tarif parkir 3rb saja.

* Candi Bajangratu

* team lengkap dengan background Candi Bajangratu

Ane hanya setengah jam saja di sini, karena rencana hendak ke Air Terjun Grenjengan Pacet, jam 14.30 lanjut menuju Pacet. Namun di tengah perjalanan cuaca mendung gelap dan mulai gerimis. Ane dan teman-teman mampir di alfama*** beli minum dan berembug ulang. Akhirnya di sepakati tidak jadi ke Pacet, dan balik ke rumah si El untuk istirahat. Mungkin lain waktu jika cuaca bersahabat kami akan kesana.

Akhirnya jam 15.30, kami berlima sampai di rumah si El, istirahat sejenak dan di sambut hujan deras. Hehehehe.. Jam 17.30 kami berpamitan ke si el dan keluarga untuk kembali ke Pasuruan.
Tepat jam 19.00 kami tiba di Pasuruan dengan selamatttt…

Oke kawansssss… terima kasih buat touringnya… lanjuttt touring lain waktu yaaaaaa…..

Rincian pengeluaran :
Bensin : 40.000,- ( jika berboncengan bisa di bagi berdua )
Parkir    : 8.000,-
Makan siang : 12.500,-
Makan malam : 15.000,-
Beli Minum : 10.000,-
Total : 85.500,-

Akses menuju Trowulan :
-       Dari Surabaya : Surabaya – Krian – Mojokerto – Trowulan
Kendaraan umum : Naik bus jurusan Jombang / Madiun turun di perempatan Trowulan ( perempatan kecil yang di sebut di atas ), di lanjut naik ojek menuju lokasi-lokasi wisata trowulan.
-       Dari Pasuruan : Pasuruan – Bangil – Gempol – Japanan – Mojosari – Mojokerto – Trowulan
Kendaraan umum : naik bus bagong warna kuning dari Pasuruan ke Mojokerto. Dari Mojokerto naik angkutan umum menuju Trowulan, turun di perempatan Trowulan ( perempatan kecil yang di sebut di atas ), di lanjut naik ojek menuju lokasi-lokasi wisata trowulan.
-       Dari Malang  : Malang – Pandaan – Japanan – Mojosari – Mojokerto – Trowulan
Kendaraan umum : naik bus jurusan ke Mojokerto. Dari Mojokerto naik angkutan umum menuju Trowulan, turun di perempatan Trowulan ( perempatan kecil yang di sebut di atas ), di lanjut naik ojek menuju lokasi-lokasi wisata trowulan. Atau naik bus jurusan Bojonegoro, turun di perempatan Trowulan

Tips berkunjung ke Trowulan :
1.    Minum Air mineral secukupnya karena cuaca panas menyengat.
2.    Bawa Sunblock.
3.    Bawa Tongsis / tripod agar maksimal untuk hunting foto.
4.    Jika naik kendaraan sendiri pastikan kendaraan anda dalam kondisi fit, Mesin, Oli, tekanan Ban, Rantai motor dll.